Standar berat badan sapi potong peranakan ongole

Tabel 2. Metode ini berhasil sebab peternak secara proaktif melaporkan kepada recorder pada saat ternak sapinya melahirkan. Hal Edisi Oktober Aditia et al.

Mengatur unit skala ukuran pada autocad kedalam satuan centimeter 2. Pedet yang dilahirkan hasil perkawinan dengan pejantan sapi PO Kebumen dengan cara kawin alam. Bernard and B.

Rifai, dan A. Hal ini tentu menimbulkan resiko jika dilakukan pada ternak yang liar dan bersifat tempramen. Situmorang, A. Oleh karena itu ciri khusus sapi PO Kebumen sejak lahir pada pedet jantan maupun betina sudah keluar ponok gumba seperti pada sapi Ongole.

Jumlah pedet yang digunakan sebanyak ekor terdiri dari pedet jantan dan pedet betina. Suzuki, K. Estuningsih SE. Dengan demikian ketika terjadi perubahan bobot hidup kg sapi PO, maka Selain terdapat di Pulau Madura dan Jawa Timur, sapi ini juga menyebar hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Sudaryanto, B.

PENDUGAAN BOBOT HIDUP SAPI PERANAKAN ONGOLE (PO

Ciri-ciri sapi ongole antara lain berpunuk besar, memiliki lipatan kulit di bawah leher dan perut, telinga panjang dan standar berat badan sapi potong peranakan ongole, kepala relatif pendek dengan posisi melengkung, mata besar menunjukkan ketenangan, serta bulunya berwarna putih.

Pengambilan gambar dilakukan pada seluruh permukaan tubuh ternak dari bagian samping dan belakang dengan tongkata cuan yang berada di bagian samping ternak Gambar 1 dan 2. Sapi Peranakan Ongole memiliki respon pertumbuhan yang lebih baik jika dibandingkan dengan sapi Bali terhadap program penggemukan berbasis silase sorghum.

Pengembangan sapi PO Kebumen dapat dijadikan sebagai sumber bibit dengan melibatkan Stasiun Uji Performan dan Balai Inseminasi Buatan untuk menjaring ternak sapi PO hasil seleksi yang akan dikembangkan.

PERFORMA PRODUKSI SAPI BALI DAN PERANAKAN ONGOLE

Salah satu kegiatan penelitian adalah melakukan seleksi terhadap sapi yang dilahirkan untuk dijadikan calon ternak bibit, salah satu dasar seleksi adalah bobot lahir. Bobot lahir pedet tersebut menggambarkan performan induk tetuanya. Hayati, P.

Yang perlu diperhatikan adalah nilai-nilai praktis dan ekonomis dari jenis ras tersebut baik dari sisi kekuatan finansial peternak, peruntukannya, dan waktu tepat penjualannya. Sorghum in beef production feeding guide. Sedang hasil penelitian Subiharta et al menunjukkan tingginya kualitas sapi PO Kebumen ditunjukkan dengan tingginya ukuran tubuh tinggi pundak, panjang badan dan lingkar dada sapi PO Kebumen yang lebih tinggi dibanding ukuran tubuh sapi PO klas 1 yang ditetapkan dalam Standar Nasional Indonesia SNI Sapi ini merupakan tipe sapi pedaging.

Bobot lahir ternak sapi betina dibawah bobot lahir pedet jantan. Jumlah recorder ada 16 orang dibagi sesuai dengan luas wilayah, tiap desa terdiri 8 orang recorder. Puslitbangnak, Bogor.

Sumadi et al melaporkan pada keturunan kedua atau lebih pada persilangan sapi PO dengan sapi sub tropis maka tingkat kebuntingannya sulit. Selain itu, kualitas dagingnya lebih baik dan warnanya pun lebih menarik dibandingkan dengan daging sapi ongole dan sapi bali. Bobot lahir pedet jantan maupun betina jauh lebih besar dibanding bobot lahir sapi PO di berbagai daerah, hal ini memungkinkan ternak sapi PO Kebumen dapat dijadikan sebagai ternak bibit untuk perbaikan sapi PO di wilayah lainnya.

Effect of dietary corn silage replacement with sorghum silage on performance and feed cost of growing steers. Ciri-ciri sapi bali yaitu bulu berwarna merah bata, pada jantan akan menjadi hitam saat dewasa, ada warna putih mulai dari kaki paling bawah hingga belakang paha, pinggiran bibir atas, kaki, mempunyai gumba yang bentuknya khas serta terdapat garis hitam yang jelas di bagian atas punggung.

The study was conducted at Napis village, sub district. Performan reproduksi dan pengelolaan sapi potong induk pada kondisi peternakan rakyat.

Sapi limousin murni sulit ditemukan di Indonesia karena telah mengalami persilangan dengan sapi lokal. It is conculded that body size, body weight and carcass weight of male Simmental Ongole crossbreed have strong correlation among others. Struktur organisasi kelompok perbibitan masing — masing dilengkapi dengan recorder yang bertugas menimbang pedet yang baru lahir dan mencatat kelahiran, juga melakukan pencatatan perkawinan maupun bobot badan sapi muda dan induk.Tujuan dari penelitian ini adalah menghitung bobot badan sapi Peranakan Ongole (PO) dengan menggunakan rumus Schoorl,dan menganalisa kesesuaian rumus Schoorl terhadap bobot badan sapi Peranakan Ongole muda dengan sapi Peranakan Ongole dewasa.

Download bahwa performan reproduksi sapi Peranakan Ongole lebih tinggi dari pada sapi Peranakan Limousin untuk sifat pertumbuhan populasi sapi potong di Jawa. Timur . Ternak Tropika, 12 (2): Iskandar.

Performan Reproduksi S. 1 hubungan antara pertambahan ukuran-ukuran tubuh dengan pertambahan bobot badan sapi peranakan ongole betina dan jantan di ptpn vi provinsi jambi. Seminar Nasional: Menggagas Kebangkitan Juni, Komoditas Unggulan Lokal Pertanian dan Kelautan Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo Madura KERAGAAN BOBOT LAHIR PEDET SAPI LOKAL (PERANAKAN ONGOLE/PO) KEBUMEN DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER BIBIT SAPI PO YANG BERKUALITAS.

kelompok bobot potong I maupun kelompok bobot potong II memilki konversi pakan nyata lebih tinggi akan tetapi memiliki pertambahan bobot badan harian nyata lebih rendah dibandingkan sapi Peranakan Ongole. Sedia Sapi Qurban Kami menyediakan sapi potong lokal yang berkualitas bagi konsumen yang ingin berkurban.

Dengan penjualan sistem timbang berdasarkan kelompok berat yang telah terseleksi dalam beberapa tipe dan memenuhi persyaratan kurban cukup umur minimal 2 tahun.

Standar berat badan sapi potong peranakan ongole
Rated 3/5 based on 31 review